Perkenalkan Ini Aluna, Konselor Menyusui Virtual dari GIM

  • Reading Time: 3 mins
  • - view: 60

Ketika bicara tentang GIM, Gema Indonesia Menyusui (GIM) maka saya teringat saat pertama diajak membantu dr. Fitra dan dr. Gita untuk bareng-bareng ngelola twitter tipsmenyusui, saat itu kami membuka pertanyaan, dan menjawab, bahkan sempat bikin kultwit, kuliah twitter, seru juga.

Dari Twitter, kami mendapat ribuan pertanyaan, dari ribuan itu kami analisa dan kelompokan sesuai usia, maka jadilah buku “A to Z ASI dan menyusui”, dan alhamdulillah menjadi salah satu rujukan yang direkomendasikan AyahASI, dan dapat kata pengantar dari dr. Utami Roesli, SpA, IBCLC, semua aktivis ASI pasti mengenalnya.

Waktu berganti, teknologipun berubah, merambah ke whatsApp, Instagram, sayangnya kami tak jago main grafis, sampai akhirnya ketika jaman kecerdasan buatan tiba, kamipun merencanakan, membuat kecerdasan buatan kecil-kecilan untuk menjadi KONSELOR MENYUSUI DAN PMBA VIRTUAL, yang kami beri nama: ALUNA.

ALUNA adalah inisiasi sebuah konsep teknologi konseling menyusui virtual, berbasis kecerdasan buatan dan bahasa manusia, kami mencoba memberikan informasi dari berbagai referensi dari buku-buku dasar menyusui yang kami yakini benar, kemudian kami biarkan ALUNA merangkai kata untuk menjawab berbagai pertanyaan dengan bahasa sederhana dan ringkas.

ALUNA bukanlah project untuk mengganti konselor menyusui dan PMBA sebenarnya, ALUNA hanyalah pintu masuk informasi yang dibuat secara relevan, dan konteks yang tepat.

Karena kita tahu bahwa konsultasi secara online memiliki banyak manfaat, secara aksesibilitas dan fleksibilitas-nya 24 jam non stop, menjadi support sistem yang bagus untuk mendukung ibu menyusui.

Sebuah riset dari Alicia Blackmore dan temen-temennya menulis, The Effectiveness of Virtual Lactation Support: A Systematic Review and Meta-Analysis, mdenyebutkan bahwa: Dukungan menyusui virtual terbukti efektif dalam meningkatkan tingkat menyusui eksklusif pada 1 bulan (Risiko Relatif/RR 1.21) dan 6 bulan (RR 1.87) pasca melahirkan.

Artinya, penggunaan teknologi informasi dan komunikasi, seperti telepon, web, media sosial, dan realitas virtual, memiliki efek positif pada proses menyusui.

sayangnya, kita semua manusia yang butuh makan, tidur, istirahat, ngopi, me-time, dll.

DISINI ALUNA HADIR, dia ada untuk menjawab pertanyaan kapanpun dimanapun, dan ALUNA tidak pernah tidur, itulah ALUNA, dia konselor menyusui yang TIDAK PERNAH TIDUR, hehe.

Aluna juga mampu mengingat nama, Jenis kelamin penanya, usia bayi, jenis kelamin bayi, dan merecall pertanyaan lama untuk di follow up.

Mampu mencerna pertanyaan dengan bahasa kompleks ketikan manusia, lalu menjawabnya dengan bahasa yang sederhana, tanpa kesan menggurui, maupun menghakimi.

ALUNA TIDAK SEMPURNA.

Aluna adalah inisiasi, dibuat dengan budget seadanya, tentu tidak memiliki kemewahan teknologi modern seperti kecerdasan buatan lain.

Aluna hanyalah bentuk tanggung jawab sosial, bahwa ilmu adalah amal soleh yang abadi.

Aluna hanya bisa menjawab satu persatu pertanyaan, tidak bisa diborong semua.

Aluna butuh peningkatan yang lebih besar, input data referensi yang lebih besar, input sistem bahasa yang lebih sempurna, dan input database yang lebih besar.

Tetapi inilah Aluna, versi Beta 0.2.0 telah bisa diujicobakan.

Jika temen-temen puas dengan jawaban Aluna, kasih tahu yang lain, tetapi jika merasa bahwa informasinya tidak relevan dan usang, kabari saya, atau teman-teman di Gema Indoensia Menyusui.

Atau jika temen-temen mau terlibat meningkatkan teknologi ini, hubungi saya atau teman-teman di GIM, semakin banyak kolaborasi semakin baik, semakin banyak aluna-aluna lain yang lebih canggih, tentu lebih baik, tetapi yang pasti Aluna telah ada meski mungkin kelak banyak yang lebih canggih dari Aluna.

HUBUNGI ALUNA

Aluna sekarang memiliki satu nomor, yaitu:0856‑0011‑9569 atau klik langsung: 085600119569

sedangkan versi websitenya bisa diakses melalui URL berikut

Versi Web

ALUNA TIDAK BISA DI TELEPON, dia hanya bisa kirim teks, tertarik ngobrol sama Aluna?

Udah gitu aja.